Selasa, 04 Maret 2008

Gebyar merdeka 2005

Jumat, 26 Agustus 2005

Gebyar Merdeka Kaltim Post
Lomba Puisi sampai Waria Performance
MENYEMARAKKAN HUT ke-60 RI, Kaltim Post dan Post Metro Balikpapan bakal menggelar apresiasi seni yang akan menjadi hiburan terbaru bagi warga masyarakat Balikpapan, yang akan digelar dengan tajuk Gebyar Merdeka di Gedung Biru Jl Soekarno Hatta malam ini, yang dimulakan pukul 19.00 Wita.

Tidak tanggung-tanggung, penampilan pergelaran kesenian dan hiburan yang akan digelar cukup beragam dan penuh penampilan yang eksentrik, menghebohkan dan atraktif.

Di antara penampilan yang akan dipentaskan dalam satu panggung tersebut, adalah lomba baca puisi pelajar, teater komedi, live music jalanan, live band perjuangan dan waria performance.

“Kami akan memberikan suguhan eksklusif kepada warga Balikpapan yang haus akan suguhan hiburan yang berbau kesenian. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya Gebyar Merdeka ini, dapat menghibur warga kota,” ujar panitia pelaksana Anwar Cholis, kemarin.

Penampilan yang akan tampil tuturnya, merupakan kreativitas para pelajar dan remaja Balikpapan hingga kreativitas komunitas Waria Balikpapan.

Pergelaran ini merupakan wadah kreativitas kalangan seniman senior maupun seniman muda Balikpapan yang merasa terhambat karena banyak kendala yang tidak mendukung.

Pergelaran even hiburan seni ini bertujuan untuk memaknai kemerdekaan ke-60 RI, melalui kreativitas seni dan budaya. Selain itu, merayakan kemerdekaan melalui kreasi dan apresiasi seni, memelihara motivasi nilai perjuangan pada setiap jiwa pelajar dan pemuda serta memberikan wahana kreasi dan apresiasi bagi pelaku seni di Balikpapan.

“Khusus untuk pergelaran yang kami lombakan hanyalah lomba baca puisi dari tingkat SD dan SLTP-SLTA. Sedangkan pergelaran kreativitas lainnya merupakan ekshibisi untuk lebih menyemarakkan Gebyar Merdeka di Gedung Biru,” ujarnya.

Tidak tanggung-tanggung, animo pelajar yang ikut serta dalam lomba baca puisi perjuangan cukup tinggi. Namun panitia harus membatasi jumlah peserta, yang dikarenakan terbatasnya waktu pelaksanaan.

“Insya Allah malam ini, Wakil Walikota H Mukmin Faisyal, anggota DPRD dan perwakilan dari Kaltim Post juga turut membacakan puisi,” tambahnya.

Lalu terangnya, Gebyar Merdeka ini akan digelar selama dua malam dengan full pertunjukan seni serta lomba baca puisi perjuangan. Dimulakan Jumat-Sabtu (26-27/8) pukul 19.30 hingga selesai.

Untuk mendukung meriahnya Gebyar Merdeka di Gedung Biru Kaltim Post Grup ini, akan menurunkan sedikitnya 100 peserta lebih dalam beberapa kategori penampilan.

Gebyar Merdeka Kaltim Post Grup didukung Pemkot Balikpapan, Total E&P Indonesie, Telkomsel, Hotel Pacific, Luwai, SBI FM, Ekstra Joss dan Palm Production selaku event organizer.

Sedangkan panitia pendukung, BEM STT MIGAS, Dejavu Production, Tobucil, Komunitas Drummer Balikpapan, Dewan Kesenian Balikpapan (DKB).

Selain itu, merupakan kabar baik bagi para pelajar di Balikpapan, bagi mereka yang mencintai seni teater atau puisi, akan digelar road show workshop teater to school, yang dimulakan besok 27 Agustus sampai 1 September mendatang di masing-masing sekolah yang terpilih, dengan mendatangkan seniman teater Untung basuki dari Yogyakarta. Dan, akan jadi juri baca puisi.(cs)

Tidak ada komentar: